Sejarah Desa

Desa Gondangslamet pada awalnya lebih dikenal dengan nama Gondang Medelan. Dahulu kala, ada sebuah bambu Ampel yang terletak di tugu di pojok desa. Masyarakat desa percaya tempat itu memiliki kekuatan gaib sehingga mereka biasa meletakkan kain di sana setiap Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon. Ajaibnya, kain yang diletakkan di tugu itu pun selalu berubah menjadi kain baru.

Lama kelamaan, keajaiban tugu itu mulai luntur. Pada suatu hari, ada seseorang yang meletakkan baju lama di tugu tapi baju itu tidak berubah menjadi baru. Setelah kejadian itu, nama Desa Gondang Medelan pun berganti menjadi Gondangslamet, tepatnya pada 1943. Pergantian nama itu terjadi pada masa pemerintahan Kepala Desa Sastro Diweryo.

Perubahan nama Desa Gondang Medelan menjadi Gondangslamet juga berkaitan dengan kondisi sosial masyarakat setempat. Sebelumnya, desa itu terkenal sebagai tempat para penjahat. Setiap kali ada penjahat yang tertangkap selalu mengaku sebagai warga Gondang Medelan. Oleh karena itu, masyarakat sepakat mengubah nama desa. Setelah berganti nama menjadi Gondangslamet, kondisi desa menjadi lebih aman dan tentram. Dalam bahasa Indonesia, Gondangslamet berarti Gondang Selamat. Dengan nama itu, warga desa berharap desa itu selamat dari ancaman berbagai kejahatan.

Berita Terkini