Posluhdes Segera Diaktifkan Kembali

GONDANGSLAMET - Guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas pertanian, Pemerintah Desa Gondangslamet mendirikan Pos Penyuluhan Desa (Posluhdes).

Menindaklanjuti permintaan Dinas Pertanian (Dispertan) Boyolali, Pemerintah Desa Gondangslamet telah membentuk keorganisasian Posluhdes. Kadus II Desa Gondangslamet, Wahono, mengungkapkan Posluhdes dibentuk untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui pemberdayaan kelembagaan tani.

“Dengan adanya Pohludes diharapkan kegiatan pertanian bisa menjadi lebih efisien. Apabila ada permasalahan terkait pertanian, bisa langsung menghubungi Pohludes untuk berkonsultasi,” terang Wahyono.

Posluhdes merupakan lembaga non struktural yang menangani penyuluhan pertanian, kehutanan,dan perikanan di tingkat desa. Pengelolaan Posluhdes dilakukan secara partisipatif oleh petani sebagai pelaku utama .Pembentukan organisasi itu juga merupakan amanat dari Undang-undang Nomor 16 tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Kehutanan,dan Perikanan.

Akan tetapi, Wahyono menyayangkan karena sampai sekarang Pohluhdes Desa Gondangslamet masih vakum meskipun telah terbentuk secara keorganisasian. “Kelurahan sudah menyiapkan tanah desa untuk dibangun gedung Pohludes, tapi ya sampai sekarang belum ada keberlanjutan terkait kapan semua akan terlaksana,” imbuhnya.

Wahyono mengakui kevakuman Pohludes di desa Gondangslamet mendorong Dinas Pertanian (Dispertan) Boyolali melakukan survei lokasi untuk memantau perkembangan kegiatan organisasi itu. “Beberapa kali didatangi oleh pihak Dispertan, diberi motivasi-motivasi. Dan ini InsyaAllah akan kami aktifkan kembali,” tutur dia.

Berita Terkini