Gondangslamet Dirikan Gapura Penanda Desa

Gondangslamet - Pemerintah Desa Gondangslamet membangun gapura sebagai ciri khas desa yang terletak di Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, itu.

Gapura adalah suatu struktur bangunan berupa pintu masuk atau gerbang yang menjadi tanda masuk ke suatu wilayah tertentu. Menyadari pentingnya keberadaan gapura, Pemerintah Desa Gondangslamet pun mengebut pembangunan bangunan di pintu masuk desa itu.

Kepala Dusun (Kadus) II Desa Gondangslamet, Wahono, mengungkapkan pembangunan gapura telah mencapai 85% selesai. Proses pembangunan yang telah memasuki tahap finishing terpaksa dihentikan sejenak selama perayaan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. “Di desa banyak kegiatan seperti lomba-lomba untuk menyambut tujuh belasan, jadianya pembangunan gapura dihentikan dulu,” kata dia.

Menurut Wahono, gapura itu dibangun sebagai simbol atau ciri khas yang menggambarkan identitas masyarakat Desa Gondangslamet. Dengan keberadaan gapura, masyarakat luar desa atau tamu yang datang bisa melihat langsung identitas Gondangslamet.

Nantinya, gapura itu akan menjadi jalur masuk utama ke Desa Gondangslamet. Dengan demikian, gapura akan memudahkan masyarakat luar desa yang akan berkunjung ke sana.

“Sebenarnya rencana pembuatan gapura sudah ada sejak beberapa tahun lalu, tetapi memang baru bisa terlaksana sekarang. Pembangunan sudah satu bulan berjalan, dan hamir selesai. Akhir Agustus nanti, dimulai lagi pembangunannya setelah acara tujuh belasan selesai,” jelas dia.

Pemerintah desa berharap para pemuda dan masyarakat Gondangslamet dapat bersama-sama menjaga dan melestarikan gapura setinggi lima meter itu sebagai bentuk tindak lanjut dari program pembangunan desa.

Berita Terkini